LATIHAN FISIK

Sabtu, 02 Mei 2009


Pada dasarnya latihan itu penting dilakukan pada semua cabang olah raga, karena tanpa latihan mustahil kita tiba-tiba menjadi seorang pemain yang hebat. Nah kali ini saya akan membahas tentang latihan dalam sepak bola. Yang pertama saya akan menjelaskan tentang latihan fisik.

Latihan fisik berfungsi untuk melatih fisik kita agar lebih siap atau terbiasa dengan kebutuhan fisik yang diperlukan dalam permainan sepak bola. Latihan fisik dapat dilakukan dengan banyak cara dan bisa dilakukan secara variatif. Saya ambil contoh lari dan senam. Untuk latihan lari kita bisa melakukannya secara bertahap, contoh : misalkan hari ini kita berlari mengitari lapangan sepak bola sebanyak 2 kali maka besok usahakan kita mampu melakukan hal tersebut sebanyak 3 kali, dan seterusnya sampai semaksimal mungkin. Atau juga bisa dilakukan dengan sprint (lari jarak pendek). Contoh yang kedua adalah senam, latihan ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot kita yang masih tegang tidak terjadi kram saat bermain. Seperti pada latihan lari, latihan senam juga bisa dilakukan secara variatif. Contoh : bisa dilihat pada gambar.Usahakan gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat senam lebih difokuskan pada gerakan yang diperlukan dalam permainan sepak bola. Misalnya, gerakan pelemasan kaki porsinya lebih banyak dari pada gerakan pelemasan tangan, karena secara umum permainan sepak bola lebih banyak menggunakan kaki dari pada tangan.

Dua contoh diatas hanya sebagian saja, sekali lagi.....latihan fisik bisa dilakukan dengan banyak variasi sesuai dengan kreatifitas kita. Tapi yang perlu diingat adalah sesuaikan dengan kebutuhan dalam permainan sepak bola. Semoga bisa membantu................

Weh....jadi keringatan bener neeeh...habis latihan fisik he...he...he...
Untuk latihan tehnik tunggu tulisan berikutnya ya.............

0 comments

Posting Komentar